Pages

Subscribe:

Labels

Wednesday, February 29, 2012

Voice mail


Voice-mail (juga dikenal sebagai pesan suara atau bank suara) adalah sistem berbasis komputer yang memungkinkan pengguna dan pelanggan untuk bertukar pesan suara pribadi, untuk memilih dan memberikan informasi suara, dan untuk memproses transaksi yang berhubungan dengan individu, organisasi, produk dan jasa, menggunakan telepon biasa. Istilah ini juga digunakan secara lebih luas untuk menunjukkan setiap sistem menyampaikan pesan suara telekomunikasi disimpan, termasuk menggunakan mesin penjawab. Layanan telepon seluler yang paling menawarkan voice-mail sebagai fitur dasar.


·         Cara kerja Voicemail :
Sama dengan Switch Kantor Pusat (CO Switch) atau Telepon Kantor Mobile Switching (MTSOs). Lebih modern voice-mail sistem bekerja pada prinsip yang sama, tetapi beberapa komponen dapat dipergunakan bersama dengan sistem lain, seperti sistem email.
Voice-mail sistem mengandung beberapa unsur yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

·         Sebuah prosesor sentral (CPU) yang menjalankan sistem operasi dan program (perangkat lunak) yang memberikan sistem tampilan-dan-nuansa dari sistem voice-mail. Perangkat lunak ini termasuk ribuan pra-rekaman meminta bahwa "berbicara"kepada user, karena mereka berinteraksi dengan sistem;
·         Disk controller dan disk drive untuk penyimpanan beberapa pesan;
·         Sistem disk yang tidak hanya mencakup perangkat lunak di atas, tetapi juga berisidirektori lengkap dari semua pengguna dengan data yang bersangkutan mengenaisetiap (nama, nomor ekstensi, voice-mail preferensi, dan pointer ke setiap pesan yang disimpan pada disk pesan milik mereka);
·         Telepon sistem antarmuka yang memungkinkan saluran telepon banyak yang harusterhubung.
Gambar di bawah menunjukkan bagaimana sistem voice-mail berinteraksi dengan PBX. Misalkan seorang penelepon luar memanggil ekstensi Fred 2345. Panggilan masuk datang dari jaringan publik (A) dan datang ke PBX. Panggilan dialihkan ke ekstensi Fred (B), tapi Fred tidak menjawab. Setelah dalam jumlah tertentu berdering, PBX berhenti berdering ekstensi Fred dan meneruskan panggilan ke ekstensi yang dihubungkan ke sistem voice-mail (C). Hal ini dilakukan karena PBXs umumnya diprogram untuk mengalihkan panggilan sibuk atau tidak menjawab ke ekstension lain. Bersamaan PBX memberitahu sistem voice-mail (melalui link signaling D) bahwa panggilan itu meneruskan suara-mail adalah untuk Fred pada ekstensi 2345. Dengan cara ini, sistem suara-mail dapat menjawab panggilan dengan ucapan Fred.
Ada mikroprosesor di seluruh sistem karena sistem harus menangani sejumlah besar data dan itu tidak dapat diterima untuk memiliki waktu menunggu apapun (misalnya, bila sistem yang merekam atau memainkan pesan Anda, itu tidak dapat diterima jika sistem berhenti merekam sesaat seperti komputer sering melakukan saat mengakses file besar).

Bila ke depan ekstensi Fred ke sistem voice-mail, Interface Telepon mendeteksi dering. Ini sinyal ke Central Processor (CPU) yang panggilan masuk CPU secara simultan menerima sinyal pada Data Link PBX-Voice-mail (D) mengatakan bahwa ekstensi 2345 sedang diteruskan pada cincin-jawaban-ke spesifik ekstensi yang sekarang berdering. CPU mengarahkan Interface Telepon (yang mengendalikan kartu antarmuka baris) untuk menjawab panggilan. Program ini CPU menyadari bahwa itu panggilan untuk Fred sehingga terlihat sampai ucapan Fred segera dan mengarahkan Controller Disk untuk mulai bermain ke pemanggil. Hal ini juga memainkan beberapa sistem meminta menginstruksikan pemanggil apa yang datang berikutnya (misalnya, "Setelah selesai merekam, Anda dapat menggantung atau tekan '#' untuk pilihan lainnya"). Semua "berbicara" ke pemanggil dilakukan melalui prompt yang dipilih oleh CPU sesuai dengan program yang tersimpan dalam sistem voice-mail. CPU memilih petunjuk dalam menanggapi menekan tombol pemanggil.

Pesan pemanggil didigitalkan oleh sistem Antarmuka Telepon dan dikirim ke Controller Disk untuk penyimpanan ke Disk Pesan. Beberapa suara-mail sistem akan mengacak pesan untuk keamanan lebih lanjut. CPU kemudian menyimpan lokasi dari pesan tersebut di Disk Sistem dalam entri direktori Fred kotak surat. Setelah penelepon menutup telepon dan pesan telah disimpan, CPU mengirim sinyal ke PBX melalui link (D) menginstruksikan PBX untuk mengaktifkan pesan menunggu cahaya di telepon Fred.

Ketika Fred kembali ke mejanya dan melihat cahaya di telepon, ia menyebut sejumlah ekstensi yang ditunjuk untuk sistem voice-mail (nomor ekstension yang sebenarnya ditugaskan ke garis di "C" pada gambar di atas).

Sekali lagi Interface Telepon memberitahu CPU bahwa panggilan masuk pada baris tertentu, tapi kali ini sinyal dari Data Link PBX-Voice-mail (D) menunjukkan bahwa Fred yang menelepon langsung, tidak diteruskan. CPU mengarahkan Interface Telepon untuk menjawab panggilan.

Sejak CPU "tahu" itu adalah Fred (dari sinyal pada Link D Data), tampak up informasi Fred pada Disk System, khususnya password. CPU kemudian mengarahkan Pengendali Disk untuk memainkan log-on prompt untuk user: ". Masukkan kata sandi Anda" Setelah sandi masuk (melalui Touch-dering), CPU membandingkannya dengan yang benar dan, jika dimasukkan dengan benar, Fred memungkinkan untuk melanjutkan.

CPU kemudian menentukan (dari entri direktori Fred) bahwa Fred memiliki pesan baru. CPU kemudian menyajikan Fred pilihannya (misalnya, "Anda memiliki pesan baru Untuk mendengarkan pesan baru, tekan 1;. Untuk merekam pesan, tekan 2" dll) Pilihan yang disajikan oleh CPU mengarahkan Controller Disk untuk bermain petunjuknya, dan CPU mendengarkan Touch-nada dari Fred. Interaksi bermain petunjuknya dan menanggapi dengan nada sentuh memungkinkan Fred untuk berinteraksi dengan sistem voice-mail dengan mudah.

Jika Fred menekan 1 untuk mendengarkan pesan itu, CPU mendongak lokasi pesan baru Fred dalam direktori kotak suratnya (di Disk System), dan mengarahkan Controller Disk untuk memainkan pesan itu. Controller Disk menemukan pesan pada bagian Disks Pesan, dan mengirimkan aliran data langsung ke Interface Telepon. Interface Telepon lalu mengubah aliran data untuk suara dan memainkan kepada Fred melalui Kartu Line Interface yang terhubung ke Fred.

Putar kontrol (seperti mundur, berhenti, maju cepat, mengubah volume, dll) semua input melalui Touch-nada, yang "dibaca" oleh CPU, dan tindakan yang tepat diambil berdasarkan program yang tersimpan dalam sistem. Misalnya, jika Fred ingin menjeda pemutaran pesan, dia mungkin tekan 2. Sejak CPU terus mendengarkan Touch-nada dari Fred, perintahnya menyebabkan CPU untuk mengarahkan Controller Disk untuk berhenti bermain pesan. Berbagai kontrol pemutaran dan pilihan yang tersedia di paling canggih voice-mail sistem sehingga pengguna dapat mengontrol pemutaran pesan, menyimpan pesan dalam arsip, mengirim pesan ke grup, mengubah preferensi mereka, dll

Suara-mail yang dirancang lebih baik sistem memiliki antarmuka yang user-friendly dengan jelas dan bermakna petunjuknya sehingga interaksi dengan sistem voice-mail yang cepat dan mudah.




Sumber : wikipedia