Pages

Subscribe:

Labels

Friday, March 9, 2012

Analisis Bisnis Menggunakan Sosial Media Bagian I

Media sosila sekarang ini bukan hanya ajang berkomunikasi atau pencarian teman, tetapi sekarang ini media sosial  sudah dimanfaatkan untuk media berbisnis, karena begitu banyaknya pengguna media sosial di dunia ini.


Facebook
Pola Bisnis Yang Bisa Dikembangkan Dengan Facebook
            Bisnis dengan social media facebook  makin hari semakin diminati, selain mudah dan praktis berbisnis dengan facebook juga tidak memerlukan modal yang besar. Dengan ratusan juta pengguna yang aktif online setiap hari kita bisa memanfaatkan dan mengembangkan bisnis di facebook sesuai dengan bisnis yang akan kita minati. Dengan facebook kita bisa membuka akun atau toko online untuk menjual barang atau jasa secara gratis dan dengan adanya berbagai macam group di facebook kita bisa join untuk mempromosikan barang dan jasa yang kita jual ataupun sharing ilmu mengenai bisnis yang kita jalani selain itu kita bisa mencari investor untuk mengembangkan bisnis atau ide yang kita miliki. Melalui facebook kita bisa mempromosikan dan menjual barang atau jasa yang kita jual tidak hanya di dalam negeri kita bisa menjual produk kita secara internasional.

Memasang dan menjual aplikasi untuk facebook
                Tidak hanya menjual barang atau jasa, bagi yang mempunyai keterampilan programming kita juga bisa memasang atau menjual aplikasi yang bisa digunakan di facebook, ini tentu sangat menguntungkan. Misalnya kita membuat sebuah game dengan layanan premium, dengan begitu orang lain bisa menggunakan atau mengakses layanan game yang kita buat dengan membeli atau berlangganan aplikasi yang kita buat.

Memanfaatkan aplikasi afiliasi marketing di facebook
            Selain menjual barang,jasa atau membuat aplikasi, kita juga bisa mendapatkan uang melalui beberapa aplikasi di Facebook yang memberikan kesempatan kepadapengguna facebook untuk mendapatkan uang Dollars seperti aplikasi PayPerPost, Cliquecash, Net-60 dan lain-lain. Untuk kali ini saya hanya akan menjelaskan “Pay Per Post” yang ada di facebook. Pay Per post adalah Aplikasi  program paid posting yang mengizinkan kita memasang link banner referral situs PayPerPost.com dalam profil Facebook kita. Jika ada orang yang mendaftar PayPerPost melalui link kita, maka kitaakan dibayar $15 setiap pendaftar. Sebelum mendaftar di aplikasi ini, kita harus memilikiakun PayPal karena komisi akan dibayarkan melalui rekening PayPal. Berikut  ini adalahcara menggunakan aplikasi PayPerPost :
•        Buka halaman Facebook
•        Klik tombol Aplikasi di sudut kiri bawah
•        Klik link Jelajahi Aplikasi Lain
•        Ketik kata payperpost di kotak pencarian lalu tekan enter
•        Anda akan melihat aplikasi PayPerPost, klik aplikasi tersebut
•        Akan terbuka halaman baru, klik Ke Aplikasi
•        Selanjutnya muncul jendela izin akses, klik Izinkan
•        Kemudian login aplikasi PayPerPost
•        Jika sudah pernah mendaftar di situs PayPerPost.com dan mempunyai akun, masukan username dan pasword akun PayPerPost lalu klik Link, jika belum, isi formulir di halaman tersebut, lalu klik Blogger
•        Bila berhasil, kita bisa langsung mengundang teman kita untuk bergabung di PayPerPost dengan meng-klik link Invite Friends
Beriklan Di facebook
            Pada dasarnya beriklan lewat facebook sama dengan menjual barang di facebook dengan cara menulis deskripsi produk, mengupload foto atau video produk yang dijual, men tag foto atau video produk ke facebook teman dan update status mengenai produk yang dijual, ini bisa dikategorikan beriklan dengan jaringan teman atau group. Akan tetapi beriklan yang benar melalui facebook adalah dengan mendaftar iklan di facebookmengajukan permintaan beriklan dengan mengklik tombol iklan di bagian bawah halaman Facebook. Pengiklan harus membayar ke Facebook untuk beriklan di facebook. Cara umu beriklan di facebook adalah sebagai berikut :
•        Buat rancangan iklan anda sekreatif mungkin termasuk judul untuk iklan Anda (maksimal 25 karakter termasuk spasi) dan isi iklan Anda dengan kata-kata yang menarik (maksimal 135 karakter termasuk spasi) di ruang yang disediakan. Anda juga bisa mengupload foto atau gambar sesuai dengan produk yang anda jual. Namun, sifatnya opsional.
•         Tentukan orang-orang ke laman web kita atau ke salah satu halaman di Facebook seperti Halaman, Aplikasi, Grup, atau Acara. Jika sudah menjadiadmin Halaman, Grup, Acara, atau Aplikasi Facebook , kita dapat memilih dari pilihan yang tersedia. kita juga dapat memilih untuk melampirkan aksi sosial pada iklan yang kita buat.Dengan begitu Facebook akan menambahkan konten yang memberitahu pengguna mengenai interaksi teman-teman mereka dengan merek atau bisnis Anda pada Facebook.
•        Tentukan target calon kostumer  Anda dengan menggunakan aplikasi penyaring demografis dan psikografis mengenai orang-orang yang disediakan facebook. Secara default, Facebook membidik semua pengguna berusia 18 tahun ke atas di lokasi default. Tetapi disarankan mengubah setingan ini untuk menjangkau orang-orang yang paling sesuai untuk iklan Anda.
Kelebihan facebook yang bisa digunakan untuk bisnis
            Adanya aplikasi market place yang disediakan facebook untuk menfasilitasi para pebisnis online yang menggunakan facebook dalam memasarkan produknya, berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar di market place :
•        Gabung dalam suatu jaringan, masuk ke pengaturan Akun dengan cara: Pilih opsi Pengaturan - Pengaturan Akun.
•        Pada halaman Pengaturan Akun, pilih Tab Jaringan, kemudian ketik nama jaringan yang hendak di ikuti, misalnya Indonesia atau Jakarta dan sebagainya.
•        Lalu, klik tombol Bergabung dengan Jaringan dan Anda akan mendapat konfirmasi keberhasilan pendaftaran ke jaringan tersebut.
•        Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Aplikasi Pasar (Marketplace) dan memajang Produk Anda. Pilih tombol Aplikasi yang berada di sudut kiri bawah halaman Facebook Anda, pilihlah opsi Jelajahi Aplikasi Lain.
•        Selanjutnya muncul halaman baru, pada bagian sisi kiri, pilihlah opsi Pencarian, ketikkan kata kunci “marketplace” lalu Enter
•        Setelah itu carilah dan klik aplikasi Marketplace
•        Pilih tombol Menuju Ke Aplikasi
•        Halaman selanjutnya adalah Marketplace Categories, ada beberapa opsi, antara lain Dijual, (Items For Sale) Perumahan (Housing), Kendaraan (Vehicle), Lowongan Pekerjaan (Jobs), dan Lainnya. Disini Anda bisa memilih kategori produk yang ingin Anda jual, sebagai contoh Pilih opsi Dijual dengan mengklik Items For Sale
•        Langkah selanjutnya adalah Tulis judul Produk yang ingin Anda jual, pada bagian Post Items For Sale
•        Selanjutnya akan muncul jendela yang memberikan Izin Akses ke Aplikasi Marketplace, klik tombol Izinkan
•        Pada halaman selanjutnya, tulis nama Produk pada kotak Title, kemudian isi kotak Why are You Selling It? misalnya diisi dengan Butuh Uang, kemudian isi harganya di bagian Price,lalu isi lokasi dan keterangan produk di kotak Keterangan/Description.
•        Beri tanda centang pada opsi Profil, Daftarkan di, Privasi.
•        Pilih Choose atau Telusuri di bagian Foto untuk menampilkan gambar produk. Kemudian upload gambar produk di komputer. Lalu Beri tanda centang pada Term of Use
•        Klik Submit
•        Pilih opsi Share yang berada di sudut kanan atas.
•        Pilih tab Kirim ke Profil lalu klik tombol Kirim
•        Selesai. Anda bisa melihat tampilan produk ini di halaman profile Anda.